Pagi itu saya sudah siap dengan rompi, jaket tebal, scarf, sarung tangan dan kaos kaki, padahal waktu baru menunjukkan pukul 03.30 WIB. Ya, pagi ini saya dan teman-teman berencana untuk berburu sunrise di Bukit Barede. Kami sepakat untuk berkumpul di Masjid An Nur Sawitan untuk selanjutnya beriringan menuju Bukit Barede setelah Sholat Subuh berjamaah.

Bukit Barede terletak di Dusun Sendaren 2, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur. Tempat ini masih terbilang belum terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Untuk menuju ke Bukit Barede kita hanya bisa menggunakan sepeda motor. Jalan yang dilalui bisa dibilang cukup baik dan mudah karena sebagian sudah diaspal (meski beberapa ruas penuh dengan lubang), dicor semen dan jalan batu khas pedesaan. Tanjakan yang dilalui pun tidak terlalu berarti, belum semenanjak jalan menuju ke Punthuk Sukmojoyo.

Sesampai di tempat parkir, kita musti berhati-hati karena tempat parkir masih beralaskan tanah yang pada musim hujan ini menjadi lembek dan licin. Kita cukup membayar lima ribu rupiah saja untuk parkir dan tiket masuk. Dari tempat parkir, perjalanan menuju puncak memakan waktu sekitar 5-10 menit. Jangan lupa untuk membawa senter atau alat penerang lain karena jalan menuju ke puncak bukit belum dilengkapi dengan penerangan yang memadai.

Di puncak Bukit Barede, kita dapat melihat Candi Borobudur yang dilatari deretan Gunung Merbabu, Merapi serta Pegunungan Menoreh. Ada satu rumah pohon dan tiga gardu pandang yang membuat kita lebih leluasa untuk menikmati pemandangan dan sunrise dari ketinggian. Yang membedakan Bukit Barede dengan bukit atau puntuk lain di sekitaran Borobudur adalah di Bukit Barede ini banyak ditanam bunga kenikir yang semarak dengan warna kuning dan orange. Bukit Barede termasuk obyek wisata yang dikelola dengan baik oleh penduduk sekitar, kebersihan cukup terjaga, tanaman-tanaman hias selain kenikir juga sudah mulai ditanam untuk keindahan dan tersedia toilet untuk pria dan wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation