Konon katanya, poin-poin lokasi penilaian Adipura di suatu daerah sifatnya terbuka. Dalam artian, tim penilai sudah menginformasikan kepada daerah, lokasi-lokasi mana yang akan dikunjungi dan dinilai oleh tim tsb.

Dan konon pula, salah satu faktor yang dinilai adalah adanya keberadaan komposter di suatu SKPD. Dan, ‘penampakan’ komposter ini sudah bisa kita lihat bersama di halaman belakang Kantor Walikota Magelang lebih kurang mulai dua minggu yang lalu.

Sesuai namanya, komposter adalah alat untuk membuat kompos. Nah, komposter yang ada di halaman belakang Kantor Walikota ini merupakan hasil dari DAK (Dana Alokasi Khusus) Kantor Lingkungan Hidup Kota Magelang. Komposter ini terdiri dari satu buah drum besar warna biru dengan tutup yang telah dimodifikasi dengan engsel dan pipa keluaran udara kemudian di dalam drum tsb terdapat starter kit kompos dan juga alat pengaduk yang berbentuk seperti sekop kecil.

Cara penggunaan komposter ini terbilang mudah alias tidak sulit. Starter kit kompos yang diwadahi karung dikeluarkan dan taruh di dalam drum. Selanjutnya tinggal masukkan sampah organik yang berupa daun atau sampah yang dapat terurai lainnya dan diaduk-aduk tiap harinya agar mempercepat proses pembusukan.

Hampir setiap hari, saya iseng ikut mengaduk atau sekedar melihat isi drum komposter ini karena penasaran berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengubah sampah organik tadi menjadi kompos. Dilihat dari hari ke hari, kok isinya tidak tambah banyak ya? Apakah hanya sekedar diisi satu kali untuk ‘meyakinkan’ bahwa komposter tsb digunakan? Di sini saya juga tidak melihat ada petugas khusus atau pihak yang memang sudah diberi tahu dan mengerti cara kerja komposter tsb. Hmmm… mungkin hal ini dapat menjadi suatu masukan yang berharga bagi kita semua. Andai Adipura bukan sekedar piala, andai Adipura merupakan kesadaran bersama warga masyarakat dan pemerintah kota, tentu komposter Adipura ini sudah terisi penuh sekarang…

® Magelang, 23 Maret 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation