Sedari awal bulan November, intensitas hujan sudah mulai meningkat dan merata. Hampir di setiap daerah sudah mendapat curahan rejeki dari langit ini. Dan hujan ternyata juga memberikan inspirasi kepada para blogger Pendekar Tidar untuk membuat postingan yang bertemakan hujan di bulan November, atau bahasa kerennya ‘November Rain.’

Kalau di Jakarta, meningkatnya curah hujan biasanya ikut meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan datangnya banjir. Tak jauh berbeda dengan di Kota Magelang, sebelum terjadi banjir tentunya ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Salah satunya adalah masalah drainase. Bagaimana agar air hujan dapat dialirkan ke tempat yang seharusnya dan tidak menggenang serta menyebabkan banjir.

Mulai bulan Oktober lalu, kegiatan perbaikan drainase di sekitar Alun-alun sudah dimulai. Hal ini ditandai dengan adanya alat berat yang beroperasi di sekitar Alun-alun dan gundukan-gundukan tanah hasil galian alat berat yang terlihat di pinggiran jalan. Praktis hal ini tentu memakan sebagian badan jalan dan mengakibatkan macet di kala jumlah kendaraan mulai meningkat di jam-jam tertentu.

Kalau dulu, untuk membuat selokan atau gorong-gorong masih menggunakan pecahan batu yang direkatkan dengan campuran pasir dan semen yang membutuhkan waktu lebih lama, maka saat ini pekerjaan tsb dapat dipersingkat menggunakan beton cetak berbentuk huruf U atau yang biasa disebut dengan U ditch yang tinggal dipasang seperti puzzle.

Kalau bagi saya yang setiap harinya minimal melewati kawasan Alun-alun sebanyak 2 (dua) kali, sebenarnya saya sudah cukup bosan dengan kegiatan yang terlalu lama dan tidak kunjung selesai ini. Padahal bulan Desember sudah di depan mata dan hujan juga sudah setia turun setiap harinya. Bila pulang kerja dan kebetulan turun hujan, mau tidak mau musti sedikit bersabar dan memperlambat kendaraan karena jalan sempit, licin dan juga macet.

Semoga saja kegiatan drainase ini dapat selesai tepat pada waktunya dan dapat dimanfaatkan dengan optimal untuk pembuangan air hujan di sekitaran Alun-alun sehingga dapat mencegah terjadinya genangan air maupun banjir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation