kerupuk_tayamum

Kerupuk, merupakan makanan gurih renyah yang seringkali menjadi pelengkap santapan kita. Bagi beberapa orang, ada sesuatu yang kurang bila bersantap tanpa ditemani kerupuk. Macam kerupuk-pun sangat beragam baik dari segi rasa, bahan dasar, bentuk dan juga warnanya.

Pernahkah Anda menikmati Kerupuk Tayamum? Atau baru pertama kali ini Anda mendengar istilah Kerupuk Tayamum? Kerupuk Tayamum atau yang biasa disebut dengan kerupuk goreng sangan merupakan makanan yang cukup unik. Proses penggorengannya berbeda dengan kerupuk kebanyakan yang digoreng dengan minyak, Kerupuk Tayamum digoreng dengan menggunakan pasir atau istilahnya adalah di-sangan. Karena proses inilah maka kerupuk sangan ini juga sering disebut dengan Kerupuk Tayamum.

Mungkin timbul pertanyaan mengapa digoreng menggunakan pasir bukan menggunakan minyak goreng? Hal ini dilatarbelakangi oleh harga minyak goreng yang cukup mahal dan juga belum terjangkau oleh sebagian masyarakat. Sehingga untuk menekan biaya produksi maka dipilihlah pasir yang sudah dibersihkan untuk menggantikan minyak goreng.

kerupuk_sangan

Kerupuk Tayamum biasanya terdiri dari empat warna yaitu putih, merah, kuning dan hijau. Rasa yang ditawarkan ada dua macam yaitu rasa bawang dan rasa udang. Untuk menikmati kerupuk ini Anda tidak usah merogoh saku Anda terlalu dalam karena hanya dengan uang receh 500 rupiah-pun Anda sudah bisa merasakan gurihnya kerupuk ini (dalam kemasan kecil tentunya).

Selain proses penggorengannya yang unik, ternyata kerupuk ini juga lebih sehat karena bebas kolesterol. Namun ada satu hal yang harus Anda perhatikan saat menikmati kerupuk ini, seringkali ada ‘bonus’ pasir atau kerikil kecil yang ‘menyelinap’ di antara kenikmatan Kerupuk Tayamum ini.

One Thought on “Gurih Sehat Kerupuk Tayamum

  1. Fatkhur on 19 April 2013 at 14:43 said:

    Sukses selalu Mbak bro!!!!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation